You are currently viewing Agar Si Kecil Kuat Dalam Berpuasa, Simak 5 Tips Ini!

Agar Si Kecil Kuat Dalam Berpuasa, Simak 5 Tips Ini!

Seperti yang kita tahu, Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di dunia. Yang paling utama adalah ibadah puasa pastinya! Meski ibadah puasa hanya diwajibkan untuk orang dewasa, namun banyak orang tua yang ingin mengajarkan anak-anak mereka untuk berpuasa sebagai bentuk pendidikan agama sejak dini. Namun, bagi ia yang masih kecil, menjalani ibadah puasa mungkin akan menjadi tantangan tersendiri. Sehingga, berikut ada 5 tips untuk membantu agar si kecil kuat berpuasa!

Baca Juga: Risiko Si Kecil Terlalu Aktif di Media Sosial

  • Persiapkan Mental Anak Sejak Dini

Sebelum memulai puasa, orang tua perlu mempersiapkan mental anak terlebih dahulu. Ajarkan anak bahwa puasa adalah ibadah yang harus dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas. Berikan pemahaman kepada Si Kecil tentang keutamaan puasa dan ajak anak untuk berdiskusi tentang apa yang mereka rasakan selama menjalankan ibadah puasa. Dengan persiapan mental yang baik, Si Kecil akan lebih siap menghadapi tantangan selama berpuasa.

  • Berikan Makanan Sehat dan Bergizi

Saat Sahur dan Berbuka, pastikan Si Kecil mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak, serta pilihlah makanan yang mengandung serat dan protein tinggi seperti sayuran, buah-buahan, telur, dan roti gandum. Selain itu, saat berbuka puasa, berikanlah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan tidak terlalu berat, seperti kurma dan air putih. Dengan makanan yang sehat dan bergizi, anak akan lebih kuat menjalankan ibadah puasa.

  • Ajak Anak Bermain di Luar Rumah Pada Waktu yang Tepat

Jika Si Kecil terus berada di rumah dan berdiam diri sambil berpuasa mungkin ia akan justru menjadi bosan.  Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, ajaklah Si Kecil untuk bermain di luar rumah pada waktu yang tepat, seperti saat pagi hari atau menjelang sore. Hindari bermain di luar rumah pada waktu yang terlalu terik, karena hal tersebut dapat menguras energinya dan membuatnya lelah.

  • Batasi Aktivitas Fisik yang Berat

Anak-anak yang berpuasa mungkin akan merasa lelah dan kekurangan energi, sehingga sebaiknya batasi aktivitas fisik yang berat. Hindari mengajak anak untuk bermain game atau melakukan olahraga yang terlalu berat pada siang hari. Sebaliknya, ajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas yang lebih santai, seperti membaca buku atau menonton film.

  • Berikan Motivasi dan Dukungan

Anak-anak yang berpuasa mungkin akan mengalami beberapa kesulitan selama menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, berikanlah motivasi dan dukungan kepada anak agar ia lebih semangat dan kuat menjalankan ibadah puasa. Ajak Si Kecil untuk berbicara tentang perasaannya dan berikanlah kata-kata positif yang dapat membangkitkan semangatnya. Selain itu, berikanlah penghargaan dan pujian padanya karena pada dasarnya Si Kecil pasti sangat suka apresiasi untuknya. Dengan begitu, ia akan semakin semangat dan terus ingin mencoba berpuasa!

Baca Juga: Merangsang Pertumbuhan Otak Bayi

Berpuasa adalah hal yang cukup menantang bagi Si Kecil. Agar ia mau untuk terus belajar, Clencies perlu untuk selalu mendukungnya dalam segi apapun. Dengan konsistensi yang baik darinya maupun Clencies, ia pasti akan dapat melakukan ibadah baik ini dengan maksimal. Tak lupa, agar si kecil kuat berpuasa kita juga perlu untuk mengerti dan selalu bertindak sesuai dengan makna berpuasa yang seharusnya! -KJ